Apa itu Free BSD ?

FreeBSD adalah system operasi yang tersedia secara gratis yang berbasiskan 4.4 BSD(Berkeley Software Distribution)-lite operating system dari Computer Systems Research Group(CSRG) di University of California at Berkeley. Hasil kerja dari CSRG ini terus dikembangkan lewat FreeBSD Project. Layaknya operating system komersial, seperti Windows yang menawarkan berbagi fitur yang menarik, performance yang baik,dan keandalan yang dimilikinya, sekarang FreeBSD juga memiliki keunggulan-keunggulan tersebut.

FreeBSD dapat dijalankan pada Intel(x86 dan Itanium), AMD64, Alpha, Sun UltraSPARC computers. Ports ke arsitektur lainnya masih dikembangkan. Aplikasi yang dapat dijalankan di FreeBSD sangat banyak. Dari software development hingga automasi di pabrik-pabrik. FreeBSD juga mendapat support dari berbagai pusat reset and universitas di seluruh dunia lewat aplikas-aplikasi yang mereka kembangkan.

Karena source code FreeBSD sendiri tersedia secara umum, system dengan FreeBSD dapat kita modifikasi untuk aplikasi-aplikasi khusus atau project-project tertentu.

Aplikasi-aplikasi yang dapat kita manfaatkan lewat FreeBSD diantaranya:

1. Layanan internet: TCP/IP networking yang terdapat pada FreeBSD adalah platform yang ideal untuk berbagai layanan internet,seperti:

• FTP servers

• World Wide Web servers (standard or secure [SSL])

• Firewalls dan NAT (“IP masquerading”) gateways

• Electronic Mail servers

• USENET News ataupun Bulletin Board Systems

2. Pendidikan: FreeBSD dapat dimanfaatkan untuk belajar tentang sistem operasi, arsitektur komputer, dan networking.

3. Networking: FreeBSD dengan mudah dapat mengubah 386 atau 486 PC yang tak terpakai menjadi router dengan kemampuan packet-filtering yang canggih.

4. Software Development: system FreeBSD sudah dilengkapi dengan berbagai development tools termasuk GNU C/C++ compile dan debugger.

Pengembangan FreeBSD

Pengembangan FreeBSD dilaksanakan oleh tiga grup, yaitu:

1. Commiters

Commiter memiliki hak akses untuk baca-tulis terhadap source code master dan dapat men-develop, debug,dan memperbaiki setiap bagian dari system tersebut

2. Core team

Core team bertugas untuk memastikan bahwa project tersebut berjalan dengan baik.

3. Contributors

Conributor hanya menyerahkan patches untuk dipertimbangkan oleh commiter.

Siapa saja yang menggunakan FreeBSD?

• Yahoo! (http://www.yahoo.com/)

• Apache (http://www.apache.org/)

• Blue Mountain Arts (http://www.bluemountain.com/)

• Pair Networks (http://www.pair.com/)

• Sony Japan (http://www.sony.co.jp/)

• Netcraft (http://www.netcraft.com/)

• Weathernews (http://www.wni.com/)

• Supervalu (http://www.supervalu.com/)

• TELEHOUSE America (http://www.telehouse.com/)

dan lain-lain..

Kelebihan-Kelebihan FreeBSD:

1.Portabilitas

Tujuan dari FreeBSD project adalah untuk membuat sebuah operating system yang dapat didistribusikan secara gratis, stabil,dan aman- yang dapat berjalan pada komputer2 yang digunakan oleh banyak orang.Sekarang, FreeBSD dapat berjalan pada Intel x86-compatible systems, seperti pentium, AMD,dan lain-lain.

2.Power

Karena FreeBSD berjalan dengan cukup baik pada hardware seri 386, FreeBSD dapat berjalan dengan sangat baik pada komputer2 zaman sekarang. Selain itu, FreeBSD tidak membutuhkan processor yang begitu canggih dan RAM yang besar hanya untuk dapat memanfaatkan User Interface-nya. Sehingga, kita dapat benar-benar memanfaatkan hardware yang ada untuk melaksanakan pekerjaan2/tasks yang memang penting saja.

3. Manajemen software yang sederhana

FreeBSD juga menyederhanakan manajemen software lewat Port Collection. Biasanya, menjalankan software pada OS yang diturunkan dari Unix membutuhkan keahlian yang cukup. Ports Collection yang terdapat pada FreeBSD menyederhanakan hal tersebut dengan mengautomasi dan mendokumentasikan masalah-masalah install, uninstall,dan proses konfigurasi-untuk berbagai macam software package.

4. Proses upgrade yang optimal

Tak seperti sistem operasi yang membutuhkan prosedur upgrade yang melelelahkan dan beresiko, proses upgrade FreeBSD yang simpel membuat sebuah sistem operasi yang optimum untuk hardware dan aplikasi. Jika kita mengganti salah satu hardware, kita bisa me-rebuild OS kita agar dapat meng-handle nya dengan baik.

5. Filesystem yang mutakhir

Sebuah filesystem adalah suatu cara menyimpan informasi di disk fisik-inilah yang memetakan file, misalnya My Documents ke deretan angka nol dan satu pada hard drive. FreeBSD mensupport filesystem yang sangat rumit and juga dapat mensupport files sampai petabyte(1 juta gigabytes). Filesystemnya juga tahan terhadap kerusakan dan menulis serta membaca files dengan sangat-sangat cepat.

2 thoughts on “Apa itu Free BSD ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s