Web 1.0 vs Web 2.0, Web 3.0?

Istilah Web 2.0 mulai dikenal pada konferensi O’Reilly Media Web 2.0 pada tahun 2004, istilah ini diartikan sebagai versi baru dari World Wide Web (WWW) yang telah dikenal luas sejak era dot com. Setelah istilah Web 2.0 mulai popular, maka barulah konsep website konvensional disebut dengan Web 1.0 untuk mempermudah perbandingan. Berbeda dengan istilah lain yang menambahkan digit untuk menunjukkan fitur atau hal baru yang bersifat teknikal, istilah Web 2.0 tidak merujuk pada hal-hal teknikal. Artinya, Web 2.0 tidak menampilkan sebuah teknologi yang baru secara signifikan (walau beberapa Web 2.0 menyertakan teknologi canggih), tetapi pengertian Web 2.0 lebih merujuk pada sebuah konsep, menyangkut cara development, dan penggunaannya di Internet.

Berikut adalah ciri-ciri web 2.0 yang tidak dimiliki web 1.0:

1. Para pengunjung web dapat menciptakan perubahan pada web page tersebut, contoh: Amazon membolehkan pengunjungnya untuk mem-post product reviews.

2. Memanfaatkan web untuk menghubungkan seorang user dengan user lainnya. Contoh: Situs Social Networking seperti FaceBook dan MySpace

3. Cara baru untuk mendapatkan informasi. Saat ini, internet surfers dapat berlangganan(subscribe) pada sebuah website lewat RSS(Really Simple Syndication) feeds yang terdapat pada web tersebut, untuk memperoleh notifikasi tentang update yang ada pada web tersebut

Perbandingan aplikasi Web 1.0 dengan Web 2.0 digambarkan Chris Wolz (2008) dalam sebuah presentasi seminar tentang Web 2.0 dan Media Sosial. Ia menggambarkan hubungan yang searah, statis, dan saling berdiri sendiri antara pemilik/penerbit situs dengan pembacanya dengan fokus adalah “saya” sebagai pemilik situs dan situs itu sendiri. Dalam aplikasi Web 2.0, terdapat hubungan yang saling berjejaring antara pemilik maupun pembaca, bahkan “Anda” sebagai pembaca adalah fokus.

Berikut ini adalah perbedaan antara web 1.0 dan web 2.0:

No.

Perbandingan

Web 1.0

Web 2.0

1

Perilaku pengguna

Membaca

Menulis

2

Pelaku utama

Perusahaan

Pengguna/Komunitas

3

Hubungan dengan server

Client-server

Peer to peer

4

Bahasa pemrograman penampil konten

HTML

XML

5

Pola hubungan penerbit-pengguna

Searah

Dua arah/ Interaktif

6

Pengelolaan konten

Taksonomi/direktori

Folksonomi/penanda/tag

7

Penayangan berbagai kanal informasi

Portal

RSS/Sindikasi

8

Hubungan antar pengakses

Tidak ada

Berjejaring

9

Sumber konten

Penerbit/pemilik situs

Pengguna

Web 3.0 bakal kayak gimana?

Para pakar internet berpikir bahwa Web 3.0 akan menjadi sebuah web yang mengetahui segalanya tentang Anda dan dapat mengakses semua informasi di internet untuk menjawab setiap pertanyaan, dengan kata lain Web 3.0 merupakan personal assistant.

Web mulai mengerti kebutuhan kita dengan bisa memberi saran atau nasehat kita, menyediakan apa yang kita butuhkan. Dengan menggunakan teknologi 3D animasi, kita bisa membuat profil avatar yang sesuai dengan karakter, kemudian melakukan aktivitas di dunia maya seperti layaknya di dunia nyata. Kita bisa berjalan-jalan, pergi ke mall, bercakap-cakap dengan teman yang lain. Ya, Web 3.0 adalah dunia virtual kita.

Apakah website yang sudah mendekati model web 3.0 sudah ada? Ya, model web 3.0 sudah dapat Anda rasakan salah satunya pada situs secondlife.com dan lilofriends.com(buatan Indonesia!!).

Dalam hal search engine, search engine web 3.0 tidak hanya dapat menemukan keywords yang Anda cari, tapi dapat juga menginterpretasi konteks dari request anda. Ia akan mencarikan hasil yang lebih relevant dan men-suggest conten-conten lainnya yang berkaitan. Contohnya jika anda mengetikkan Java pada search engine tsb. maka segera ditampilkan web pages yang mengandung kata Java yang memang sesuai dengan konteks yang Anda cari, bukannya bahasa pemrograman melainkan informasi pulau Jawa misalnya.

One thought on “Web 1.0 vs Web 2.0, Web 3.0?

  1. wah yg pas perbedaan web 1.O dan 2.o nya kok terpotong gitu
    jadi ga tau bedanya dmn….
    bisa diperbaiki ga ?? biar tau bedanya

    bisa bantu saya ga …. bgmn kterkaitan web dan perpus ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s