‘Tepi Luar Angkasa’

sumber: sciencedaily.com(April 10,2009)

Dari mana luar angkasa dimulai? Ilmuwan di Universitas of Calgary telah membuat sebuah alat yang dapat melacak transisi antara angin di atmosphere yang relatif gentle(halus/tenang kali ye..) dengan aliran partikel-partikel bermuatan di luar angkasa yang lebih violent(lebih cepet maksudnya) — alirannya dapat mencapai kecepatan hingga 1000 km/jam!!

Data yang diperoleh dari alat yang didesain oleh U of C yang dikirimkan ke luar angkasa lewat peluncuran NASA, sekitar 2 tahun lalu ini dapat menunjukkan apa yang disebut dengan ‘tepi luar angkasa’: perbatasan antara atmosphere Bumi dengan luar angkasa.

Dari data tersebut, ilmuwan U of C mengonfirmasi bahwa daerah luar angkasa dimulai dari 118 Km di atas permukaan bumi.

Alat tersebut,yaitu SupraThermal Ion Imager, dibawa oleh roket JOULE-II pada Jan 19 2007. Canadian Space Agency menginvestasikan uang sebanyak $422,000 dalam pengembangan peralatan tersebut.

“Pemahaman tentang perbatasan antara atmosphere bumi dengan luar angkasa merupakan sesuatu yang fundamental untuk gambaran yang lebih jelas dari pengaruh luar angkasa terhadap iklim di bumi dan lingkungan hidup,” kata Russ Taylor, director dari ISIS dan departemen Physics dan Astronomy di U of C.

One thought on “‘Tepi Luar Angkasa’

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s